; ;
Powered by Blogger.

31 March 2009

Membangun LAN dengan jaringan nirkabel

| 31 March 2009 | 0 komentar

Pada umumnya LAN (Local Area Network) atau jaringan yang menghubungkan beberapa computer agar dapat melakukan sharing data, sharing printer, online game, dll masih menggunakan UTP kabel dengan socket RJ-45. Untuk menghubungkan dua computer atau biasa disebut peer to peer atau bisa juga disebut adhoc kabel dipasang crossing. Sedangkan untuk menghubungkan computer yang jumlahnya lebih dari 2 buah, dapat menggunakan hub atau router. Fungsi Hub dan Routers sedikit berbeda, jika Hub hanya berfungsi untuk membagi dan membalik arah seperti fungsi sambungan cross pada jaringan peer to peer (Jika menggunakan Hub, maka kabel tidak perlu dipasang cross). Lain halnya dengan fungsi Routers. Selain untuk membalik arah data, Router juga berfungsi untuk mencari jarak terdekat koneksi antar computer.

Jaringan dengan menggunakan kabel selain memerlukan biaya yang mahal, terkesan tidak rapi (tergantung pemasangan), dan memerlukan maintenance berkala.

Solusi alternative LAN dengan jaringan nirkabel atau bahasa kerennya wireless. Dengan menggunakan jaringan wireless, memang biaya awal lebih mahal tetapi tidak memerlukan maintenance terlalu sering dan ruangan terkesan lebih rapi.

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Wireless Router

  2. Wireless Adapter (dipasang dikomputer yang ingin dihubungkan ke jaringan).

Cara pemasangan :
Untuk jaringan dengan 2 komputer (peer to peer)
Untuk jaringan ini tidak diperlukan router untuk instalasinya.
  • Pasang wireless adapter pada computer yang dihubungkan.
  • Instal driver wireless adapter (biasanya didalam paket penjualan)
  • Setting jaringan adhoc (peer to peer), lihat gambar!
  • Buka control panel/Network and Internet Connection/Network connection


  • Klik kanan wireless network connection dan pilih properties, maka muncul seperti dibawah ini:


  • Klik Add maka maka akan muncul seperti dibawah ini dan isi Network name(SSID), jangan lupa checklist this is a computer to computer (ad hoc) network;wireless access points are not used (settingan ini diisi pada kedua computer yang akan dihubungkan. Agar koneksi lebih aman dapat dipakai password dengan cara hilangkan checklist The key is provided for me automatically dan isi Network key:


Maka akan muncul seperti dibawah:



  • Klik kanan pada wireless network connection pada desktop dan klik view available wireless networks


Maka akan muncul seperti dibawah ini:
  • Klik pada jaringan yang akan dipakai untuk koneksi dan login




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Ditulis Oleh : Nop ~ RumahDesain2000 "Jasa desain rumah, Renovasi dan Bangun baru"

Artikel Membangun LAN dengan jaringan nirkabel ini diposting oleh Nop pada hari 31 March 2009. Terima kasih anda telah membaca artikel Membangun LAN dengan jaringan nirkabel. Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di blog RumahDesain2000 tanpa meninggalkan komentar. Untuk itu silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel Membangun LAN dengan jaringan nirkabel ini bermanfaat untuk anda. Kunjungi Facebook Pages kami di RumahDesain2000 atau anda bisa follow twitter kami di @nop82.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

© Copyright 2014. Unkris-Ku . All rights reserved | unkris-ku.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com