; ;
Powered by Blogger.

27 February 2009

Google Sketch up! Software 3D modeling yang asyik dipelajari

| 27 February 2009 | 9 komentar

Bila mendengar kata 3D, pasti bayangan anda akan dipenuhi dengan hal-hal yang njelimet, ribet, dan mumet (pusing tujuh keliling). Permodelan bangunan gedung, seperti rumah dan pabrik akan menjadi lebih menarik dan mudah untuk dipresentasikan kepada orang lain. Animasi akan lebih menarik dengan menggunakan visualisasi 3D. Semua itu adalah keunggulan 3D modeling dibandingkan dengan modeling konvensional. 3D Studio max, Maya, Autocad 3D adalah sebagian kecil program 3D modeling yang saya sebutkan disini., karena ketiga program tersebut sudah sangat terkenal handal dan banyak digunakan oleh para designer, animator dan engineer untuk menyelesaikan pekerjaan dalam bidang mereka masing-masing.

Ketiga program tersebut pastinya sudah anda kenal atau paling tidak pernah mendengarnya. Kerumitan dan spesifikasi computer yang tinggi adalah beberapa kendala yang terdapat pada tiga software canggih diatas. Walau hasil output yang diberikan sangat realistis, tapi apa daya computer ga kuku atau kepala udah mumet duluan……

Google Sketch up! Pernah dengar!

Mungkin bagi para arsitek, atau interior designer sudah tidak asing lagi dengan software ini. Tetapi bagi yang belum kenal, akan sedikit saya kenalkan, selanjutnya anda mencari tahu lebih dalam sendiri, bagaimana itu sketch up, kesukaannya, film favoritenya, makanan kesukaannya (Stoppppppppp! Kok jadi ngelantur…! Ayo kita mulai!

Sketch up adalah software 3D modeling yang mudah digunakan. Pada dasarnya ada 2 versi sketch up, pertama versi free alias gratisan (ini pastinya kesukaan semua orang! Gratis, free, dll) dan yang kedua adalah versi pro. Sudah pasti ada perbedaan antara keduannya. Tapi dari yang saya ketahui perbedaan kedua software tersebut adalah pada menu eksporternya. Sketch up pro dapat mengekspor file ke beberapa software lain sedangkan yang gratisan hanya sedikit kompabilitasnya. Secara umum kedua versi tersebut bisa dikatakan sama. Sketch up free bisa digunakan untuk desain 3d modeling, sama halnya dengan yang pro.

Prinsip gambar 3D pada sketch up adalah surface, jadi tidak memakan memory computer cukup banyak. Jadi sejauh yang saya ketahui sketch up ini tidak mendukung solid, seperti halnya tiga program yang disebut diatas. Tetapi dengan pengaturan pencahayaan, material, dan mapping yang baik hasilnya ga kalah kok dengan program –program canggih diatas.

Interface Goggle sketch up

Hasil rendering Google Sketch up +v-ray

Hasil rendering Google Sketch up +v-ray

Sampai tulisan ini dibuat Google Sketch up sudah sampai pada versi yang ke tujuh.

Free download Google Sketch up 7 versi gratis

Free download Google Sketch up 7 versi Pro (Trial)

Nb: Gambar diatas hanya sebagai contoh pembelajaran dan dokumentasi, apabila melanggar hak cipta akan segera dihapus tanpa konfirmasi apapun. Jadikan bangsa ini pintar dalam memahami dan mengerti bukan pintar untuk dipahami dan dimengerti.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Ditulis Oleh : Nop ~ RumahDesain2000 "Jasa desain rumah, Renovasi dan Bangun baru"

Artikel Google Sketch up! Software 3D modeling yang asyik dipelajari ini diposting oleh Nop pada hari 27 February 2009. Terima kasih anda telah membaca artikel Google Sketch up! Software 3D modeling yang asyik dipelajari. Tak lengkap rasanya jika kunjungan anda di blog RumahDesain2000 tanpa meninggalkan komentar. Untuk itu silahkan berikan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel Google Sketch up! Software 3D modeling yang asyik dipelajari ini bermanfaat untuk anda. Kunjungi Facebook Pages kami di RumahDesain2000 atau anda bisa follow twitter kami di @nop82.

9 komentar:

lupuz said...

thanks kawan2 dh pd mo ngumpul2 brg.., klo bisa te2p dijaga dan dilestarikan..
he_
kayak yg di ragunan ja.

Anonymous said...

akhirnya setelah sekian lm foto w terpampang jg dgn begitu manisnya d blog kesayangan kt ni. semoga blog ni tmbh keren dan lbh bnyk gi menampilkan ft2 narsisi w (gedubraakk...). by : cholor

Nop said...

buat kupus klo ngomong hati2 ya! Saya tampar nanti! buat cholor jangan kepedeean ya!

Nop said...

Taru, thank you have visited my blog. hopefully we can continue to communicate and compare notes.

Nop

Anonymous said...

Blog ga mutu...

Proxylinks said...

klo blog yang bermutu seperti apa ya? mohon dibantu kawan kita ini!

Nop said...

@ Anonymous : Terimakasih atas kritikannya ya! Semoga anda bisa membuat blog yang lebih bermutu dari blog sederhana ini. Berikan saran yang membangun ya mas!
@ Proxylinks : Makasih mas sudah perhatian!
Hargai kerja keras orang lain, berbagi sedikit dengan apa yang kita miliki, Maju terus teknologi informasi Indonesia. Jadi semangant saya! HA.....ha.....ha....

artforce said...

wah thx bgt neh infox keren2,..!!

Nop said...

artforce sama-sama. Senang bisa membantu anda! Semoga x-unkris bisa memberikan hal yang lebih baik lagi! Terimakasih!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

© Copyright 2014. Unkris-Ku . All rights reserved | unkris-ku.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com